Meet The Author

hunting Buku

Tidak ada komentar

Kemarin jadi juga berkeliling ke palasari, pasar buku murah di bandung rencananya sih pengen nyari satu buku tapi ujung-ujungnya malah dapat dua buku, weh...e.. kebiasaan (saat perencanaan belanjang kurang ketat, ujung-ujungnya uangnya habis ga tau kemana) ah ga apalah lagian insyaallah bermanfaat. Sebenarnya buku yang di cari berjudul “Al quwwah ar ruhiyah” buku yang menurut saya inspiratif jadi rencananya akan dikirim buat hadiah. namun nasib mujur kali ini ternyata belum berpihak pada saya, setelah cukup lama muterin beberapa toko di palasari ternyata buku yang diharap tak kunjung menghampiri, mungkin karena dianggap sebagai buku bagus jadi laris manis tanpa sisa. Setelah merasa cukup kuat mengumpulkan tenaga aku secepat kilat tanpa pikir panjang langsung merubah rencana menuju planing B mencari buku tema cerita konyol (anggaplah sebagai obat menghilangkan sakit hati berhubung buku impian tak didapat) akhirnya pilihan jatuh pada dua buah buku yang lucu judulnya “drunken marmut dan apaya....lupa satu lagi” intinya lucu lah.

Jalan-jalan ke toko buku hari ini walau cukup melelahkan dan membuat aliran darah ke kaki sempet ga lancar yang kemudian berlanjut dengan sebuah reaksi parastesia seakan ribuan semut datang berkerumun menjalar diseluru bagian kaki dan lambat laun mulai berasa seperti tertusuk jarum, sedikit pegal, panas dan kebal.

Sembari sedikit bergerak pelan dan mencoba meluruskan kaki dilorong kecil bertumpuk buku akhirnya parastesia itu hilang tak bersisa, rasanya ringan seperti kapas, lembut seperti kain sutra dan seempuk kasur (eh...e...kok jadi nglantur gini)

Walau seakan meresa ribuan semut datang menyerang seujung kaki namun senyuman manis tetap nampak di wajahku hari ini, bukan tampa alasan ini terjadi karena harini aku dapat banyak ilmu, ini yang membuat aku tambah girang seakan parastesia tak pernah menyerang.

Kadang sebagian orang cukup malas untuk mengunjungi toko buku salah satunya karena tempatnya sumpek isinya buku semua, jadi repot dan bingung sendiri ngeliatin buku sebanyak itu. Nah agar kalian ga mengalami sindrom MLB (mumet kalo liat banyak buku) Disini akan saya bagi tentang tips cara hunting buku tanpa repot mudah, murah dan tanpa kesemutan :

  • Tentukan terlebih dahulu sebelum kalian memutuskan untuk pergi ke toko buku, buku apa yang akan kalian beli mulai dari tema, ini penting terkait dengan kadang banyak diantara kita yang belum tahu tentang judul buku tertentu, nah untuk membantu maka cara ini cukup jitu.
  • Tentukan anggaran, nah ini jauh lebih penting jangan sampai buku di dapat sebulan melarat karena uang bulanan habis tak tersisa untuk belanaja buku.
  • Tentukan prioritas, carilah buku yang benar-benar sedang kalian butuhkan jangan sampai karena lapar mata semua buku yang ada kita borong dan ga tau kapan bacanya dan ini juga terkait erat dengan tips no 2 dan buat planing A dan B
  • Setelah sampai di toko buku segera tanya ke bagian kasir tetang stok buku yang kita cari, jangan inisiatif sok tau dan sok serius slonong boy nyari sendiri di tumpukan buku “dijamin mumet”
  • Ingat tanya kesediaan judul buku yang kita cari dan sesuaikan dengan anggaran
  • Pastikan jika ketersediaan tak ada segera beralih ke plan B dst.
  • Namun jika buku yang dicari sudah ditemukan dan anggaran sudah dipastikan maka langkah berikutnya MANFAATKAN WAKTU, mencari atau membaca buku-buku sesuai tema yang terkait ingin kamu cari namun terkendala dengan dana dan prioritas nah saat ini lah saat yang tepat untuk kamu baca ditempat (INGAT jangan lama-lama kasian yang jualanan, beli kagak bikin sumpek aja)
  • Siapkan hp atau note book kecil, GUNANYA untuk mencatat pointer dari buku yang kamu baca INGAT jangan di rangkum semua CAPEK, cukup yang penting-penting saja atau judul buku yang menarik yang belum bisa kamu beli saat itu dan ini bisa jadi eferensi untuk belanja bulan berikutnya.
  • Nah khusus untuk buku tema GRAFIS dan FOTOGRAFI yang cukup wah harganya tapi tipis bukunya tips dari saya kalau ga cukup budget medingan baca saja ditempat, caranya perhatikan langkah-langkah dasar karena sebenarnya seterusnya semuanya sama dan baiasnya dilampirkan situs onlinenya, nah catat ini PENTING.

Nah segitu aja dulu tips aman murah dan efektif menggunakan waktu dalam belanja buku insya allah dapat buku dapat ilmu .

Selamat mencoba

Tidak ada komentar :

Posting Komentar